Pengertian dan Penghasilan dari Google Adsense

Google Adsense adalah sebuah program periklanan dari Google yang memungkinkan kita mendapatkan uang / penghasilan dengan menampilkan advertensi / iklan yang sesuai dengan isi dari website kita. Misal : kita punya website yang membahas tentang tentang hardware komputer. Maka iklan yang ditampilkan adalah seputar produk-produk hardware komputer.

Dari uraian diatas sudah jelas bahwa syarat utama yang harus dipenuhi dari awal adalah, kita harus mempunyai website sebagai sarana untuk menampilkan iklan dari Google.

Bagaimana kita akan mendapatkan penghasilan dari Google? Google akan membayar kepada kita ketika ada pengunjung website kita meng-klik iklan Google yang ada di website kita. Besarnya pembayaran dari Google bervariasi (tergantung dari besarnya bayaran yang diterima Google dari si pemasang iklan) mulai dari 0.01 USD sampai 8 USD

Siapa yang bisa/boleh memasang Google Adsense?

Seperti yang telah penulis sebutkan diatas bahwa Google Adsense adalah sebuah produk yang dari Google yang mengijinkan kita menampilkan iklan/banner di website kita (atau dalam internet marketing dikenal dengan istilah affiliate/afiliasi). Nah…, sudah jelas kan? Bahwa semua orang boleh/bisa menampilkan iklan/banner dari Google dan mendapatkan komisi/bayaran dengan syarat memiliki website/blog sendiri.


Anda tidak harus membayar untuk mendapatkan/membuat website, yang gratisan pun boleh. Kalau anda mempunyai budget lebih, sebaiknya menggunakan webhosting berbayar. Tetapi jika anda baru pertama kali dan ingin mencoba terlebih dulu saya sarankan untuk mencoba dengan hosting yang gratisan dulu. Tentang website akan ditulis kemudian

Bagaimana cara mendapatkan Google Adsense?

Yang jelas kita harus mendaftar dan mendapatkan persetujuan dari Google untuk dapat menampilkan Google Adsense di website kita. Akan tetapi ada sedikit masalah dengan kita yang membangun website dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang ditampilkan dalam websitenya, karena Google hanya mengijinkan Adsense for Search untuk website dari Indonesia (berbahasa Indonesia). Adsense jenis ini kurang menjanjikan karena jarang sekali orang menggunakan pencarian yang ada di website kita, mereka lebih memilih melakukan pencarian langsung dari situs Google. Sedangkan sumber penghasilan biasanya banyak dihasilkan dari Adsense for Content dan Adsense for Referral.

Hehehe…, jangan kecewa, gusar atau geram dulu, ini bukan masalah diskriminasi semata-mata akan tetapi (menurut perkiraan penulis) dikarenakan jumlah pemasang iklan di Google yang berasal dari Indonesia belum banyak dengan kata lain masih terlalu sedikit sehingga iklan yang akan ditampilkan juga akan sedikit (Google Adsense secara otomatis akan menyesuaikan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan isi (content) dari website kita.

Akan tetapi jangan berkecil hati dulu. Berikut ini penulis akan membantu untuk memudahkan hidup anda, sehingga meskipun website anda menggunakan bahasa Indonesia masih tetap dapat menampilkan Google Adsense dan meraup dolar yang diberikan oleh Google.

Ok. Mari segera kita mulai pelajaran berburu dolar dari internet. Beberapa hal yang harus anda persiapkan antara lain adalah :

1. Website anda harus sudah siap, dengan artian anda harus sudah punya website.
2. Bahasa yang digunakan usahakan dalam bahasa Inggris.
Ada 2 cara agar anda bisa mendapatkan/memiliki website berbahasa inggris : Buatlah sebuah website (sebagai pancingan saja) kemudian cari beberapa artikel berbahasa inggris kemudian isikan ke website palsu anda. Carilah website berbahasa inggris yang sudah jadi (milik orang lain juga boleh) yang kira-kira belum seberapa terkenal dan tidak terdapat Google Adsense di dalamnya, untuk dijadikan kambing hitam (he3x…). Dan yang perlu diperhatikan lagi dalam membuat / memilih website palsu, carilah website dengan latar belakang (background) berwarna terang. Biasanya iklan adsense didominasi oleh warna hitam dan biru, jadi bisa anda bayangkan bagaimana sikap Google jika disodori website dengan background berwarna gelap. So pasti ditolak lah…. Gimana bisa kelihatan iklannya kalo backgroundnya warna gelap.
3. Email. Email ini nantinya akan berfungsi sebagai alamat pengiriman konfirmasi diterima atau tidaknya permohonan anda sekaligus sebagai username untuk login ke Google Adsense jika permohonan anda diterima nantinya. Penulis sarankan untuk menggunakan email dari Google http://mail.google.com atau yang lebih dikenal dengan GMAIL. Anda bisa mendaftar dengan menggunakan email Anda (selain GMAIL) yang sebelumnya telah anda miliki.

Isilah form pendaftaran dengan hati-hati, kalau perlu baca instruksinya lebih dahulu sebelum mengisi. Dan jika Anda ditanya tentang daerah pemasaran website anda, silahkan isi dengan Negara-negara yang didudukung oleh Google, Misal : Australia, Amerika, Malaysia, dll. Untuk Indonesia, Google hanya mensupport Google for search saja.

Proses aktifasi atau approval dari Google mungkin bisa memakan waktu dua atau tiga hari, tetapi adakalanya tidak sampai satu hari sudah mendapatkan approval.

Nah…, itulah tips dari saya agar anda bisa memperoleh account Google Adsense dengan fitur maksimal. Dan jika anda berhasil anda bisa menggunakan satu account Google Adsense untuk menampilkan iklan pada beberapa website sebanyak anda mau.

sumber disini

0 comments:

Monetize Your Blogging Activity

  ©Template by Dicas Blogger.